PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » BUPATI RESMIKAN COLD STORAGE

Bewara GSP -  Gudang penyimpanan ikan atau Cold Storage akhirnya diresmikan oleh Bupati Subang Ruhimat, Kamis (6/1). Peresmian Gudang yang berada di Jalan Raya Desa Tanjungwangi Kecamatan Cijambe itu dihadiri oleh staf Dirjen Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kepala Dinas Perikanan Provinsi Jawa Barat, Bupati Subang, Wakil Bupati Subang, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Subang, Sekda Subang dan lainnya. 

Bupati Subang Ruhimat mengatakan dengan hadirnya Cold Storage di Kabupaten Subang, otomatis menghadirkan banyak produk bahan baku ikan. Pasalnya, Cold Storage berfungsi sebagai pendingin dan juga penyimpanan bahan baku ikan. 

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Subang, Rahmat Eppendi mengatakan selain untuk pendingin dan penyimpanan bahan baku ikan, kedepannya juga bisa untuk penyimpanan produk lainnya seperti kepiting, kerang dan lainya. Cold Storage akan di kelola oleh Koperasi dengan target bisa menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD).  

Dia menyebut Koperasi akan bekerjasama dengan supplier ikan besar seperti yang ada di muara angke, muara baru Jakarta, caringin Bandung dan lainnya. Pasalnya, Cold Storage memiliki kapasitas 50 ton untuk menampung dan mendinginkan ikan dengan pembangunan mencapai Rp 5,5 miliar dari APBN tahun 2018. “Pihaknya menyiapkan  4 orang petugas berikut mobil operasional. Yang Nanti akan ada pelayanan delivery dan juga menjemput bahan baku ikan. Sehingga meski ketika musim paceklik ikan maka stok tetap terjaga. 

Sementara itu   Kepala Bidang Budi Daya Air Tawar DPK Subang, Dinar Waldinar mengatakan Cold Storage memiliki 2 ruangan yaitu ruangan chilling room (pendingin) dan ABF (air blast freezer) untuk ikan segar yang dibekukan hingga minus 40 derajat celcius sampai 8 jam. “Baru setelahnya dimasukan ke chilling room di minus 20 derajat celcius. 

Semua jenis ikan bisa masuk dengan jangka waktu bisa mencapai satu tahun lebih. Sesuai SOP nya, karena ikan tersebut bisa bertahan jangka waktu setahun lebih,” katanya. Adapun kapasitas daya listrik yang disediakan sekitar 10 ribu VA. Bagi pengolah ikan dan masyarakat yang mau membeli bahan baku ikan bisa langsung ke cold storage karena bersifat umum. (pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama