PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » RIDWAN KAMIL BANTU RP 750 JUTA UNTUK DANA KEBENCANAAN

Bewara GSP Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil -yang biasa disapa Kang Emil- akan mendorong BBWS melakukan normalisasi dan perbaikan tanggul, untuk antisipasi bencana banjir di masa mendatang. 

Sebab, Kang Emil menilai, salah satu hal yang disepakati adalah normalisasi, karena pendangkalan sungai merupakan pangkal permasalahan banjir di Pantura khususnya di Subang. Kang Emil menyebut, soal penanganan banjir di Jawa Barat termasuk persoalan normalisasi sungai sudah dikoordinasikan secara langsung, dengan Kementrian PUPR termasuk saat rapat koordinasi dengan Presiden Joko Widodo. 

Lalu mengenai penanganan kebencanaan, Kang Emil mengatakan, kewenangan Provinsi dalam kebencanaan dilakukan pertama kali oleh first responder nya adalah pemerintah daerah. Jika peran Pemdanya seperti Subang yang berada di depan, Pemprov Jabar sifatnya adalah bantuan kebencanaan logistik serta trauma healing. Proyek-proyek PUPR di Jawa Barat itu sedang dikerjakan,. Kang Emil juga menyebut, Bendungan Sadawarna bisa menjadi salah satu opsi upaya penanggulangan bencana di Subang. 

Musim penghujan yang masih terjadi, Kang Emil mengarahkan agar para pemimpin daerah untuk melakukan tindakan preventif seperti normalisasi sungai. Dia juga akan koordinasi dengan instansi terkait untuk merumuskan tindakan cepat tanggap bencana alam. “Setelah ini kita akan merumuskan tindakan cepat tanggap darurat. Untuk Subang, ada bantuan sebesar Rp750 juta kita siapkan, bupati arahkan untuk kepentingan tanggap darurat,” ucapnya. 

Sementara itu, Bupati Subang H. Ruhimat menambahkan, Gubernur Jawa Barat memberikan support penuh pada Pemda Subang dalam penanganan kebencanaan. Namun H. Ruhimat menyinggung, Pemda Subang bukan tanpa antisipasi. Sebab, sejak tiga bulan terakhir, Pemda Subang telah melakukan upaya antisipasi banjir melalui normalisasi diberbagai titik. 

Mudah-mudahan, langsung dengan BBWS dan PJT, serta berbagai program normalisasi dan bantuan tanggul permanen bisa dilakukan. Selain itu, Bendungan Sadawarna yang saat ini sedang dibangun akan mampu mengurangi debit air ini. Selain itu, soal normalisasi sungai-sungai di Kabupaten Subang bisa segera dilakukan. 

Mengenai bantuan dari Pemda, Sekda Subang H. Aminuddin menyebut Pemda Subang menyalurkan 15 mobil bantuan. Bantuan tersebut disalurkan berbarengan dengan kedatangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Bupati Subang usai melaksanakan kunjungan dari Australia. Nantinya bantuan tersebut akan disalurkan kepada korban terdampak banjir. Tidak hanya di Pamanukan, tapi wilayah kecamatan lain yang juga lumayan parah seperti Kecamatan Ciasem, Blanakan serta Legonkulon. (Pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama