PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » DESA MEKARJAYA DAN JATIREJA AJUKAN SODETAN

Bewara GSP Pemerintah Kecamatan Compreng bersama pemerintah Desa Mekarjaya dan Jatireja berencana mengajukan sodetan. Hal ini menyusul adanya gerusan di tanggul-tanggul Cipunagara yang mengancam pemukiman warga sekitar persawahan. 

Selain itu saat ini juga terjadi longsoran di Selatan jembatan Cipunagara yang mengancam jalan kabupaten di Kecamatan Compreng.  Usulan sodetan ini dilakukan karena ada dua titik pemukiman dan pesawahan di Desa Mekarjaya dan Jatireja yang terancam gerusan Sungai Cipunagara.  

Sementara itu, Kepala Desa Jatireja Abin menyebut, di Kampung Kertasari ada lekukan Sungai Cipunagara yang membentuk letter U dan telah mendekat ke pemukiman.  Sementara itu, Kepala Desa Mekarjaya Dastari menyampaikan, sodetan di wilayah Dusun Sukaresmi diperlukan karena saat ini aliran Cipunagara terus menggerus lahan warga. 

Bahkan, area persawahan dan pemukiman terancam jika tanggul jebol atau Cipunagara alami titik air tertinggi.  Diantaranya : 
Desa Jatireja
– Lokasi di Kampung Kertasari Dusun Sukamaneuh Desa Jatireja
– Ancaman terdampak : 200 rumah terendam dan 250 hektare sawah
– Panjang yang harus di Sodet 200 meter. Aliran Sungai Cipunagara membantuk letter U

Desa Mekarjaya
– Lokasi di Dusun Sukaresmi Desa Mekarjaya
– Aliran Sungai Cipunagara yang membentuk jalur baru membuat lahan hak milik warga     terdampak dengan luas lahan yang tergerus mencapai 40 hektare
– Rumah terancam saat tangguljebol mencapai 1500 rumah atau sekitar 4000 jiwa serta beberapa fasilitas umum
– Area persawahan yang terancam 400 hektare
– Panjang sodetan sekitar 1200 meter / 1,2 KM

(pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama