PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » JEMBATAN CIPUNAGARA TERANCAM PUTUS,

Bewara GSP Badan jalan dekat Jembatan Cipunagara di Kecamatan Compreng alami longsor. Bahkan, longsoran yang terjadi Sabtu (21/3) lalu, mengakibatkan badan jalan ikut terkena longsor dan mengancam Jalan Kabupaten yang menghubungkan Compreng dengan Cipunagara juga Pusakajaya rawan ambruk.  

Kondisi tanah badan jalan ambruk terjadi di jalan raya Compreng arah Cipunagara, persis sebelah selatan jembatan Cipunagara Compreng. Ketinggian longsoran mencapai 5-6 meter dengan lebar 3 meter dan panjang longsoran 6 meter. Lokasi ini berada di perbatasan Desa Mekarjaya dan Desa Jatireja Kecamatan Compreng. 

Camat Compreng Asep Rudih menyebut, longsoran yang terjadi persis disebelah jembatan Cipunagara diduga karena ada pergeseran tanah tanggul. Menurutnya, harus segera dilakukan penanganan darurat. Selain itu, faktor lekukan aliran Sungai Cipunagara yang ada membuat aliran Cipunagara jika tinggi muka airnya (TMA) sedang tinggi, lurus menghantam tiang jembatan sebelah Selatan. 

Saat ini, kondisi badan jalan kabupaten tersebut sangat terancam. Sebab, kondisi badan jalan dengan tanah kini sudah sejajar. a juga telah berkoordinasi dengan Polsek Compreng untuk antisipasi adanya mobil berat yang melewati jalan tersebut atau dialihkan. Bahkan Camat Asep menyebut, langkah penanganan jangka panjang juga harus dilakukan.  

Sebab, bilamana mengandalkan Bronjong atau rucuk, jika TMA Cipunagara kembali tinggi dalam 2-3 kali, dikhawatirkan akan kembali terjadi longsoran. Selain meminta Pemda Subang untuk melakukan penanganan darurat, Pemerintah Kecamatan Compreng bersama Desa Mekarjaya dan Jatireja akan kembali berkirim surat dan mengajukan proposal pada BBWS berkaitan dengan penanganan kondisi tanggul di Sungai Cipunagara Compreng.  

Sementara itu, Kepala Desa Mekarjaya Dastari menyebut, dalam 10 tahun terakhir, sebetulnya telah ada ada pergeseran atau longsoran tanah di lokasi tersebut. Ia menyarankan agar, segela dilakukan penanganan darurat. Selain itu, harus dilakukan sodetan Cipunagara untuk meluruskan aliran air agar tidak meliuk-liuk dan alirannya tidak menabrak Jembatan Cipunagara. (pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama