PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » TIDAK MAKSIMAL LAKUKAN PEMBELAJARAN DARING, PENDIDIKAN KARAKTER SULIT DITERAPKAN

Bewara GSPWabah Pandemi Covid-19, sudah berlangsung kurang lebih tiga bulan di Indonesia. Situasi ini sangat mempengaruhi hampir seluruh bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan di Kabupaten. Ketua Forum Kepala Sekolah Swasta (FKSS) Kabupaten Subang, Suhaerudin mengatakan, pada awal pandemi kegiatan belajar di rumah dengan sistem daring disambut antusia. 

Karena inilah saatnya dunia pendidikan memanfaatkan kemajuan teknologi. Dia menuturkan, sekolah swasta di Kabupaten Subang banyak yang terdampak wabah Covid-19. Bagi sekolah swasta yang mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran daring dengan dukungan orang tua mungkin tidak terlalu bermasalah.sedangkan kendalanya macam-macam. 

Ada yang karena keterbatasan orang tua siswa dalam menyediakan alat untuk belajar daring, walau pun banyak link dan web yang menyediakan gratis tetap saja mereka banyak yang kesulitan. Kemudian tingkat kejenuhan siswa dalam menerima tugas-tugas dari ibu bapak guru dari sekolah. 

Diperparah lagi dengan ketidakmampuan orang tua dalam membimbing para putra putrinya belajar. Dari sisi pembiayaan, kata dia, sesungguhnya sekolah sudah dibantu oleh dana BOS dari pemerintah. Juknis BOS terbaru boleh digunakan penunjang kegiatan belajar jarak jauh dengan cara quota guru-guru bisa disediakan dari dana BOS. 

Namun itu tidaklah cukup. Dari sisi jumlah, sekolah swasta memiliki jumlah lebih banyak dari sekolah negeri. Kabupeten Subang SMPN ada 75 sekolah, SMP swasta ada 90 sekolah. SMA swsata 30 dan SMAN 19 sekolah. Begitu pun di SMK, dan TK. 

Lebih lanjut Suhaerudin menjelaskan, ketidakmaksimalan pembelajaran daring pada masa covid ini juga yang lebih memprihatinkan adalah penerapan pendidikan karakter. Nyaris pembiasaan yang bermuara kepada pendidikan karakter tidak bisa dilaksanakan.  semua berharap wabah Covid segera berlalu supaya sekolah bisa beraktifitas normal kembali. Namun demikian pembukaan sekolah juga harus memperhatikan dan situasi sudah benar-benar aman dari ancaman Covid.(pe)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama