PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » KUDA NIL PURBA PERNAH HIDUP DI GARUT DAN SUBANG, FOSIL JADI BUKTINYA

Serba-serbi GSP -Tak hanya fosil gajah dan kura-kura purba saja yang pernah ditemukan di Jawa Barat. Fosil kuda nil purba juga pernah ditemukan, salah satunya di wilayah Cijolang Garut dan Pasir Cabe Subang. Fosil hewan pemakan herbivora ini kini tersimpan rapi di storage atau gudang penyimpanan fosil hewan purba yang ada di Museum Geologi, Kota Bandung. Untuk penemuan fosil bagian tubuh kuda nil yang ada di wilayah Garut yakni rahang bawahnya ditemukan Tanggal 17 Juni 1936 dan untuk fosil bagian tubuh kuda nil yang ditemukan di wilayah Subang yakni rahang bagian atas.
Penyelidik Bumi Museum Geologi Unggul Prasetyo Wibowo kepada detikJabar belum lama ini menjelaskan, Kuda nil purba Subang ini ditemukan Tahun 2015, ditemukan di Pasir Cabe Subang. Ditemukan di hutan jati, ada tim survei geologi di sana. Untuk fosil rahang kuda nil yang ditemukan di Subang ini, sudah menyatu dengan batuan yang ada di hutan jati tersebut. Kuda nil purba yang ditemukan di Indonesia, memiliki enam gigi seri. Sedangkan kuda nil yang saat ini masih hidup hanya memiliki empat gigi seri. Sekedar diketahui, kuda nil memiliki gigi seri berukuran besar dan tajam. "Bisa dihitung lubang-lubangnya ada enam. Iya ini ada di Jawa," ujarnya. ak hanya fosil kuda nil, fosil hewan purba yang ada di Museum Geologi, baik yang tersimpan di storage atau yang dipajangkan, dilakukan perawatan rutin oleh petugas museum "Perawatannya rutin, dari mulai suhunya harus stabil. Fosil ini bisa alami kerusakan, kaya batu kena cuaca panas dan dingin lama-lama lapuk," tuturnya. (detik.com)

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama