PT. RADIO GESWARA PAMANUKAN - JLN. RAYA PANTURA 313 MUNDUSARI - PAMANUKAN - SUBANG - JAWA BARAT - 41254 - TLP : 0260-551535 - EMAIL : AE_GSPFM@YAHOO.COM - MARKETING : 081-3245-444-04
» » TEMUAN FOSIL MANUSIA PURBA UTUH DI SUBANG PERNAH BIKIN GEGER

Serba Serbi GSP - Pemuan fosil-fosil makhluk hidup pada zaman purbakala tersebar di berbagai penjuru Tanah Air. Tak terkecuali di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Salah satu temuan yang menggegerkan, ialah penemuan fosil dari manusia purba. Temuan tersebut berawal dari tim Balai Arkeologi Bandung yang berhasil menemukan fosil kerangka manusia purba rumpun Austronesia di Situs Nyi Subang Larang. Temuan fosil kerangka manusia purba itu ditemukan pada saat tim Balai Arkeologi Bandung mengekskavasi beberapa kali di situs yang berada di Desa Nagerang, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang. Fosil kerangka manusia purba tersebut terpampang juga di Museum Wisma Karya Kabupaten Subang. Namun, fosil yang berada di Museum tersebut hanya sebatas replika dan keasliannya tetap berada di Situs Nyi Subang Larang. Pengelola sekaligus pemandu dari Museum Wisma Karya, Adeug Perkasa Gantria mengatakan, fosil kerangka dari manusia purba tersebut ditemukan awal pada sekitar tahun 1990. Dari hasil temuan tersebut pihak Balai Arkeolog Bandung mulai melakukan eskavasi pada tahun 2012.
Setelah itu, tepat di tahun 2018, Adeug mengatakan bahwa tim Arkeologi Bandung bersama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Subang melakukan lebih jauh lagi dari eskavasi selanjutnya. Eskavasi pada tahun 2018 itu lah fosil dari manusia purba pun benar-benar ditemukan. Selain kerangka maupun fosil dari manusia purba yang ditemukan, pada tahun 2006 pun tim Arkeologi Bandung juga menemukan benda dari peninggalan jaman purbakala. Benda tersebut yaitu benda Bejana Perunggu. Bejana Perunggu ini merupakan benda Artefaktual manusia Prasejarah Subang Peninggalan Budaya Dongson. Bejana Perunggu ini ditemukan di wilayah Situs Tangkil, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang. Benda peninggalan prasejarah itu sejauh ini baru ditemukan di tiga wilayah di Indonesia, Kerinci, Madura, dan di Subang.

About www.gspradio.com

Terimakasih telah berkunjung di GSP Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama